Pola Komunikasi Antar Pribadi Magang Merdeka Batch 3 Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FIS UNJ
DOI:
https://doi.org/10.37826/spektrum.v11i4.599Kata Kunci:
Pola Komunikasi, Komunikasi Antar Pribadi, Mahasiswa Magang, Magang MerdekaAbstrak
Penelitian ini membahas perihal pola komunikasi antar pribadi magang merdeka batch 3 mahasiswa prodi ilmu komunikasi fis unj. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data primer yang dilakukan melalui wawancara. Terdapat 15 informan dalam penelitian yang merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta yang sedang mengikuti progam magang merdeka batch 3 yang dilaksanakan selama lima bulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan 15 informan yang diwawancarai 11 diantaranya merasakan keterbukaan dalam komunikasi, pada komunikasi empati 15 informan pun mengalami pada berjalanannya program magang. Sedangkan 14 dari 15 informan mengakui jika merasakan komunikasi suportif serta 14 dari 15 informan menyatakan mengalami komunikasi yang positif dalam menjalani program magang merdeka batch 3.
Referensi
Tubbs, S., & Moss, S. (2008). Human Communication. McGraw-Hill.
Steven A, Beebee. Susan J, Beebee. Mark, V. (1996). Interpersonal Communication. Boston : Allyn & Bacon.
Effendy, O. U. (1986). Dimensi Dimensi Komunikasi. Alumni.
Bahri Syaiful, D. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua & Anak Dalam keluarga. PT. Reneka Cipta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Creswell, W. J., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative adn Mixed Methods Approaches. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Sumardiono. (2014). Apa itu homeschooling : 35 gagasan pendidikan berbasis keluarga. Panda Media.
Samiaji Sarosa, S.E., M.Info.sya., P. . (2017). Metodologi Pengembangan Sistem Informasi (Bambang Samiaji (ed.); 1st ed.).
Mulyana, Deddy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif.. Remaja Rosdakarya.
Lutfia, D. D., & Rahadi, D. R. (2020). Analisis Internship Bagi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 199–204. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i3.340
Merdeka, K. (2021). Pertanyaan Umum tentang Magang. Kampusmerdeka.Kemendikbud. Diakses https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/magang/detail
Terus Meningkat, MSIB Angkatan 3 Tahun 2022 Diikuti Sebanyak 27.952 Mahasiswa. Diakses https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/08/terus-meningkat-msib-angkatan-3-tahun-2022-diikuti-sebanyak-27952-mahasiswa
Viva, B. K. (2023). Mayoritas Pengangguran Indonesia Berusia Muda pada Agustus 2022. Databoks.Katadata.Co.Id. Diakses https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/12/mayoritas-pengangguran-indonesia-berusia-muda-pada-agustus-2022
Antara. (2022). Lebih Banyak Pelamar Ketimbang Lowongan Kerja Ciptakan Pengangguran. Medcom.Id. Diakses https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/0k8azdoK-lebih-banyak-pelamar-ketimbang-lowongan-kerja-ciptakan-pengangguran
Roby, I. M. (2023). Sulitnya Bersaing Memperoleh Pekerjaan di Indonesia. Kompasiana.Com. Diakses https://www.kompasiana.com/roby56522/63ed8f724addee11811bf202/sulitnya-bersaing-memperoleh-pekerjaan-di-indonesia