Strategi Produksi Konten Visual @Creativismtudio di Instagram
DOI:
https://doi.org/10.37826/digicom.v2i4.383Kata Kunci:
Proses Produksi, Konten visual, Media baru, Teori POACAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana proses produksi konten visual Production House @creativismstudio di Instagram. Penelitian ini menggunakan teori manajemen POAC dan new media. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara wawancara terhadap pemilik Production House, menjalankan observasi secara langsung dan melakukan pengumpulan data yang berupa dokumen pendukung. Hasil dari penelitian ini adalah 1) @creativistudio sangatlah berperan dalam mempertahankan dan memaksimalkan kemampuan kreatif individu untuk maju dan berkembang serta menghasilkan manfaat bagi individu tersebut serta client yang sudah mempercayakan jasa @creativsmstudio, 2) @creativismstudio sangatlah memanfaatkan konvergensi dalam manajemen POAC di Production House tersebut, 3) @creativsmstudio juga memanfaatkan media baru dalam membuat konten produksi audio visualnya dengan melakukan konvergensi di platform Instagram, 4) @creativsmstudio mengoptimalkan upaya konvergensi pada media sosial lainnya seperti TikTok
Referensi
Cv, D. I., & Communication, S. (2009). Proses Kreatif Dalam Pembuatan Visual Merchandising Indosat.
Damayanti, S., Chan, A., & Barkah, C. S. (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Image My Pangandaran Tour and Travel. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 852–862. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p852-862
Fadlurrahman, R. (2018). Pembuatan Konten Visual Kreatif Harian Untuk Media Sosial Produk Pt. Sinar Sosro Menggunakan Adobe Creative Cloud 2017. 1–7. https://zenodo.org/record/1313422#.YFTYOYkzbDd
Firdaus Haidar, N. (2021). ANALISIS KONTEN VISUAL POST INSTAGRAM Riliv DALAM MEMBENTUK CUSTOMER ENGAGEMENT. Jurnal Barik, 2(2), 121–134. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Hanindharputri, M. A. (2020). Analisa Branding Melalui Konten Visual Pada. 3, 296–302.
Hanindharputri, M. A., & Irhandi, I. G. N. G. G. (2020). Konten Visual Instagram Plaga Wine Sebagai Upaya Branding Kepada Generasi Milenial. Jurnal Nawala Visual, 2(1), 54–59. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v2i1.78
Irwandani, I., & Juariyah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 33–42. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.103
Mulyawati, H. (2018). New Media Dalam Gerakan Sosial . Ilmu Komunikasi, 16–18. https://eprints.untirta.ac.id/1125/1/New Media Dalam Gerakan Sosial - Copy.pdf
Putri Anggoro, M. E. O., & Pranata, L. (2020). Pengaruh Komunikasi Dan Konten Visual Dalam Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Fotografi Di Sweetescape Jakarta. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 6(2), 79–82. https://doi.org/10.30813/jhp.v6i2.2415
Suhita, R. H. (2011). Proses Produksi Iklan Audiovisual di Production House ASA Studio. Skripsi, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Yudha, A. T. (2020). Pengaruh Penggunaan New Media Terhadap Citra Merek Dan Minat Beli Pelanggan Pada E-Commerce “TOKOPEDIA” Di Kota Medan. 186. https://www.usu.ac.id/id/fakultas.html
Zuhri, S. (2019). Desain Komunikasi Visual Pada Kue Bosang makassar di Sosial Media Instagram. Desain Komunikasi Visual Pada Kue Bosang Makassar Di Sosial Media Instagram.