Penerapan Kode Etik Jurnalistik Di Media Cetak Harian DI’S Way

Penulis

  • Risma Nuur Aliyya Stikosa - AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v3i2.477

Kata Kunci:

penerapan kode etik jurnalistik, wartawan, berita, harian DI’s Way

Abstrak

Harian DI''s Way adalah salah satu produk jurnalisme tradisional berbasis koran yang terbit pada tahun 2020 di tengah pandemi COVID-19, pun pada saat banyak penerbit koran di negara manapun mulai angkat tangan. Penilitian ini membahas tentang penerapan kode etik jurnlistik di Harian DI’sway. Dalam penelitian yang berjudul penerapan kode etik jurnalistik di Harian DI’s Way ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penerapannya, pendekatan kualitatif menggunakan metode pengumpulan data dan metode analisis melalui wawancara mendalam. Dari hasil pengamatan yang dilakukan dan wawancara terhadap wartawan harian Di’s way, penerapan Kode Etik Jurnalistik mereka selalu berusaha untuk mengikuti ketentuan Kode Etik Jurnalistik ketika melakukan peliputan terutama dalam mengumpulkan dan menyajikan berita atau informasi. Hasil penelitian menemukan bahwa pengetahuan wartawan Harian Di’s Way tentang Kode Etik Jurnalistik tergolong baik. Penerapan Kode Etik Jurnalistik wartawan Harian Di’s Way juga berusaha untuk mematuhi semua aturan yang ada di dalam Kode Etik Jurnalistik. Terutama dalam aturan Kode Etik Jurnalistik dalam menempuh cara-cara yang profesional dalam peliputan di lapangan. Harian Di’s Way juga terus berusaha menciptakan cara baru dalam meliput berita dan menghadapi narasumber yang sulit untuk memberikan informasi yang akan dijadikan bahan berita, sehingga mereka bisa mendapatkan informasi yang yang dibutuhkan.

Referensi

Ardianto, & Elvinaro. (2009). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Simbiosa Rekatama Media.
Boyd, D. M. (1994). Marketing management: A strategic approach with a global orientation. Auburn University.
Hafied Cangara, H. (2007). Pengantar ilmu komunikasi (Ed. rev.). Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Effendy, O. U. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Citra Aditya Bakti.
Gutomo, T. (2022). Harian Di’s Way. Harian Di’s Way.
Hamidi. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Pendekatan Praktis Penulis Proposal dan Laporan Penelitian. UU Pers.
Jaana HujanenI, Katja LehtisaariII, Carl-Gustav LindénIII & Mikko GrönlundIV. 2019. Emerging Forms of Hyperlocal Media The case of Finland. Journal Nordicom Review Volume 40: Issue s2 101-114
Juroto, T. (2015). Manajemen Penerbitan Pers. Remaja Rosda Karya.
Juyoto, Djudjuk., Jurnalistik Praktis Sarana Penggerak Lapangan Kerja Raksasa, CV. Nurcahaya, Yogyakarta, 1985.
Kurniawan. (1991). Ensiklopedi Pers Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.
Kustadi. (2004). Pengantar Jurnalisitik. Penerbit Nuansa.
Kusumaningrat, H., & Kusumaningrat, P. (2009). Jurnalistik, Teori dan Praktis. Remaja Rosda Karya.
Lucky Kurniawan Mahardiko, DS, S., AS, N., FK, W., SN, L., & Arkansyah, M. A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Sosialisasi dan Edukasi Ibu PKK Kelurahan Kedurus Surabaya. Prapanca : Jurnal Abdimas, 1(2), 8–16. https://doi.org/10.37826/prapanca.v1i2.202
McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail Edisi 6 Buku 2. Salemba Humanika.
McLuhan. (1964). Understanding Media: The Extensions of Man. The MIT Press.
Mulyana, D. (2021). ILMU Komunikasi: Suatu Pengantar. PT Remaja Rosdakarya.
Morissan. (2008). Manajemen Media Penyiaran. Prenada Media.
Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Nurudin. (2011). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Riduawan,Metode & Teknik Penyusunan Tesis.(Bandung: Alfabeta, 2006), hal. 105
Romli. (2012). Jurnalistik Online. Nuansa Cendekia.
Safrial Anggra W, Ravanelly M, N., Naufal Y, R., Shofiyannajah, S., Yunviani H, F., & Prasetyo, D. (2021). Pemanfaatan Media Digital Dalam Pelestarian Permainan Tradisional Masyarakat Bebekan Selatan Kota Sepanjang. Prapanca : Jurnal Abdimas, 1(2), 17–24.
Samosir, J. S., & Oktarina, R. A. (2022). Analisis Berita Penahanan Habib Rizieq Shibab Media Online Kompas dan Republika 12-13 Desember 2020. 2(1), 58–68.
Sugiyono. (2010). METODE PENELITIAN BISNIS (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.
Sumandiria, H. (2005). Jurnalistik Indonesia, Menulis Berita dan Feature, Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Remaja Rosda Karya.
Suprihatin, S., & Azis, A. M. (2020). Pelecehan Seksual Pada Jurnalis Perempuan di Indonesia. PALASTREN Jurnal Studi Gender, 13(2), 413.
Shoemaker, Pamela and Reese, Stephen. 1996. Mediating the Message: Theories of Influences on Mass Media Content. 2nd ed. White Plains
Syamsul, A. (2003). Jurnalistik terapan. Baticpress.
Wahyudi, J. (1996). Dasar-dasar jurnalistik radio dan telivisi / J.B Wahyudi. Pustaka Utama Grafiti.
Wardhani, D. (2008). Media Relations : Sarana Membangun Reputasi Organisasi. Graha Ilmu.
Yosef, J. (2009). To Be a Journalist. Graha Ilmu.
Internet
https://digilib.esaunggul.ac.id/
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/01/media-konvensional-di-indonesia-menuju-senjakala
https://harian.disway.id/readstatik/82/harian-disway

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-18

Terbitan

Bagian

Articles