Efek Strategi Komunikasi Pemasaran pada Loyalitas Pelanggan Apotek K-24 Mulyosari

Authors

  • Dedy Ayub Wicaksono Fotografer dan Penulis PT. PP Properti (TBK)

DOI:

https://doi.org/10.37826/spektrum.v6i2.41

Keywords:

Strategi Komunikasi Pemasaran, Loyalitas Pelanggan, Apotik K-24, Pelanggan Potensial

Abstract

Strategi komunikasi pemasaran merupakan salah satu awal dalam rangka mengenalkan produk dan jasa kepada konsumen, dan akan menjadi sangat penting karena akan berkaitan dengan keuntungan yang didapat dari perusahaan. Apotek K-24 Mulyosari menerapkan strategi komunikasi pemasaran dengan memberikan kemudahan disetiap pelayanannya. Salah satunya dengan memberikan beberapa fitur layanan via internet. Strategi pemasaran dengan memberikan kemudahan ini akan mempengaruhi pelanggan maupun calon pelanggan dalam hal perubahan sikap. Pelanggan yang puas akan kualitas layanan dan produk yang dijual akan berpengaruh pada citra baik dan menghasilkan pelanggan yang loyal. Pelanggan yang setia akan melanjutkan penggunaan merek tersebut, walaupun dihadapkan dengan banyak alternative merek produk pesaingnya. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh strategi komunikasi pemasaran terhadap loyalitas pelanggan Apotek K-24 Mulyosari. Peneliti menggunakan teori komunikasi pemasaran dan teori perubahan sikap yang nantinya akan menghasilkan Brand Loyality (loyalitas pelanggan), metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : metode kuantitatif deskriptif dengan proses pengumpulan data menggunakan metode survei berupa kuesioner. Berdasarkan hasil dari pengujian hipotesis, maka penelti memperoleh hasil bahwa Ha diterima yang berarti strategi komunikasi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Apotek K24 Mulyosari, kemudian dari analisa data menggunakan regresi linier sederhana, peneliti memperoleh hasil bahwa strategi komunikasi pemasaran memberikan pengaruh 51% terhadap loyalitas pelanggan Apotek K-24 Mulyosari dengan memiliki nilai korelasi (R) sebesar 0,714 yang menunjukkan kategori kuat, sebab pelanggan Apotek K-24 sangat responsif dengan kemudahan layanan yang diberikan oleh perusahaan Apotek K24 Mulyosari.

 

References

Durianto, Darmadi, Sugiarto dan Tony Sitinjak. 2004. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta : Pt Gramedia Pustaka Utama.
Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabet, Bandung.
Kotler, Phillip. 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Alih Bahasa Hendra Teguh,SE,AK. Jakarta:Airlangga
Kotler,P. (1992). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama
Kotler,P. & Armstrong,G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kotler,P. & Keller, K, L. (2009b). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung : Penerbit PT. Remaja Rosdakarya Bandung.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta : Andi
Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. CV Pustaka Setia. Bandung.
Non Buku :
Apotek K-24 Indonesia. 2016. [Online] Available att www.apotek-k24.com.
Christian A.D Selang. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal Emba. Vol 1 No.3 Juni 2013, Hal 71-80.
Naima Eren Jasmine Nurjanah. 2017. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pada Jenis Merek Susu Cair Dalam Kemasan. Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor. Skripsi.

Downloads

Published

2018-12-28

How to Cite

Dedy Ayub Wicaksono. (2018). Efek Strategi Komunikasi Pemasaran pada Loyalitas Pelanggan Apotek K-24 Mulyosari. Jurnal Spektrum Komunikasi, 6(2), 28–33. https://doi.org/10.37826/spektrum.v6i2.41