Pengaruh Word of Mouth
Keputusan Orang Tua Milenial dalam Memilih Sekolah Islam Terpadu
DOI:
https://doi.org/10.37826/spektrum.v13i2.906Kata Kunci:
Word of Mouth (WOM), Millennial Parents , Decision-making, Integrated Islamic School (SIT), Source Credibility TheoryAbstrak
Penelitian ini menyelidiki tentang pengaruh komunikasi dari mulut ke mulut (WOM) terhadap keputusan orang tua milenial dalam memilih Sekolah Islam Terpadu (SIT). Berdasarkan teori kredibilitas sumber, pengaruh sosial, dan penyebaran inovasi, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana komunikasi (WOM) dari sumber tepercaya memengaruhi pilihan orang tua terhadap sekolah Islam terpadu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan design survei dari orang tua milenial di Bandarlampung. Analisis data mengungkapkan bahwa WOM secara signifikan memengaruhi keputusan orang tua, dengan kredibilitas sumber memainkan peran penting dalam membentuk preferensi mereka. Keterwujudan, aspek utama kualitas layanan, sangat memengaruhi kepuasan siswa dan kemungkinan orang tua menyebarkan WOM positif, seperti yang disorot oleh penelitian sebelumnya. Temuan ini menunjukkan bahwa manajemen SIT harus memprioritaskan manajemen WOM sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka, terutama dengan memanfaatkan platform digital untuk melibatkan orang tua milenial. Penelitian ini berkontribusi untuk memahami proses pengambilan keputusan dalam pendidikan dan memberikan wawasan praktis untuk meningkatkan strategi komunikasi dalam konteks pemilihan sekolah. Penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk mengeksplorasi interaksi WOM dengan faktor-faktor lain yang memengaruhi keputusan orang tua dan untuk menyempurnakan strategi komunikasi yang disesuaikan dengan preferensi orang tua milenial.
Referensi
Akbar, H., Simanjuntak, M., & Asnawi, Y. H. (2022). Pengaruh keputusan pemilihan pada Sekolah Islam Terpadu terhadap kepuasan dan positive word of mouth. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, 8(2), 503–514. https://doi.org/10.17358/jabm.8.2.503
Ali, H., Hamdan, H., & Mahaputra, M. R. (2022). Faktor eksternal perceived ease of use dan perceived usefulness pada aplikasi belanja online: Adopsi technology accepted model. Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(3), 587–604. https://doi.org/10.38035/jim.v1i3.75
Aliyah, S. R., & Ismail, O. A. (2024). Kredibilitas sumber dan pengaruh akun Instagram @herbyuss terhadap tingkat kepercayaan followers. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(4), 829–844.
Anastasiei, B., Dospinescu, N., & Dospinescu, O. (2023). Word-of-mouth engagement in online social networks: Influence of network centrality and density. Journal of Marketing Theory and Practice, 31(2), 153–167.
Arif, M. (2023). Generasi millenial dalam internalisasi karakter nusantara. IAIN Kediri Press. http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/682
Baswara Yua Kristama, Kurniawaty, Y., & Winarni, S. (2025). The relationship between interpersonal communication and social support of students at STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya. Jurnal Spektrum Komunikasi, 12(4), 569–577. https://journal.stikosa-aws.ac.id/index.php/spektrum/article/view/873
Bidhari, K. P., & Teguh, M. (2025). Exploring customer internal meaning in marketing communication: A case study of Padmaning Garden. Jurnal Spektrum Komunikasi, 13(1), 80–95. https://doi.org/10.37826/spektrum.v13i1.847
Cahyani, N. M. P. D., Dwiartha, P., & Pradipta, A. D. (2020). Pengaruh brand image terhadap niat beli produk Focallure. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 9(1), 1–11.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Dasopang, M. D., Lubis, A. H., & Dasopang, H. R. (2022). How do millennial parents internalize Islamic values in their early childhood in the digital era? Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(1), 697–708. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1062
Etim, G. S., James, E. E., Inyang, I. B., & Anna, E. H. (2023). Word-of-mouth communication and customer patronage behaviour towards smartphones. International Journal of Entrepreneurship and Business Innovation, 6(2), 69–85. https://doi.org/10.52589/ijebi-ibjmwrb6
Gunawan, C. (2019). Regresi linear: Tutorial SPSS lengkap. Skripsi Biisa.
Harkins, S. G., Williams, K. D., & Burger, J. (2017). The Oxford handbook of social influence. Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780199859870.001.0001
Hossain, M. M., Kabir, S., & Rezvi, R. I. (2017). Influence of word of mouth on consumer buying decision: Evidence from Bangladesh market. European Journal of Business and Management, 9(12), 38–45. www.iiste.org
Idris, R. (2011). Perubahan sosial budaya dan ekonomi Indonesia dan pengaruhnya terhadap pendidikan. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 14(2), 219–231. https://doi.org/10.24252/lp.2011v14n2a7
Julio, M. A., & Shihab, M. S. (2024). The influence of word of mouth and perceived value on parents’ decisions to choose Kids Republic Jakarta School. International Journal of Economics (IJEC), 3(2), 1074–1088. https://doi.org/10.55299/ijec.v3i2.1078
Juswan, S., Rachmawati, I. K., & Handoko, Y. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan orang tua memilih sekolah dasar swasta: Studi kasus di SD Santo Nicholas Medan. Journal of Education, Humanities and Social Sciences, 7(1), 168–175. https://doi.org/10.34007/jehss.v7i1.2303
Kaawoan, S., Solong, N. P., Mustain, A. Z., Ainiyah, N., & Nugraha, A. R. (2021). Understanding the concept of Islamic education for millennial in Indonesia. Linguistics and Culture Review, 5(S4), 1426–1438. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5ns4.1886
Khoo, K. L. (2022). A study of service quality, corporate image, customer satisfaction, revisit intention and word-of-mouth: Evidence from the KTV industry. PSU Research Review, 6(2), 105–119. https://doi.org/10.1108/PRR-08-2019-0029
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.
Kusrini, K. (2021). Strategi komunikasi word of mouth (WOM) sebagai upaya promosi SDIT Alam Biruni. Studia Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 28–32. https://doi.org/10.47995/jik.v4i1.43
Mansori, S., Vaz, A., & Ismail, Z. M. M. (2014). Service quality, satisfaction and student loyalty in Malaysian private education. Asian Social Science, 10(7), 57–66. https://doi.org/10.5539/ass.v10n7p57
Munsch, A. (2021). Millennial and generation Z digital marketing communication and advertising effectiveness: A qualitative exploration. Journal of Global Scholars of Marketing Science, 31(1), 10–29. https://doi.org/10.1080/21639159.2020.1808812
Nguyen, L. T. K., Lin, T. M. Y., & Lam, H. P. (2021). The role of co-creating value and its outcomes in higher education marketing. Sustainability, 13(12), 1–14. https://doi.org/10.3390/su13126724
Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan penelitian eksperimen beserta analisis statistik dengan SPSS. Deepublish.
Qutni, D., & Oesman, A. M. (2022). Urgensi literasi digital bagi generasi milenial dalam konservasi budaya. Libraria: Jurnal Perpustakaan, 10(2), 291. https://doi.org/10.21043/libraria.v10i2.17468
Rogers, E. M. (2009). Diffusion of innovations (5th ed.). Free Press.
Stribbell, H., & Duangekanong, S. (2022). Satisfaction as a key antecedent for word of mouth and an essential mediator for service quality and brand trust in international education. Humanities and Social Sciences Communications, 9(1). https://doi.org/10.1057/s41599-022-01459-z
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Syafrina, A. E. (2022). Komunikasi massa. Mega Press Nusantara.
Untachai, S. (2019). Service quality: Mediating role in servicescape and word-of-mouth. Kasetsart Journal of Social Sciences, 40(1), 396–401. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2017.07.013
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Spektrum Komunikasi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.